TEORI-TEORI PENDIDIKAN
TEORI-TEORI PENDIDIKAN
Yang
di binaolehIbuDr.KustiahSunarty, M.Si

DisusunOleh :
ELLY ASTUTI (
1744040004 )
AYU SARI UTAMI (
1744041043 )
NURANA
( 1744041037 )
IRMAWATI KHARISMA PAIRUNAN ( 1744041025 )
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2018
A. SOSOK
TEORI DAN TEORI PENDIDIKAN
1. Sosok
Teori
a. Bentuk
Sebuah teori adalah
sebuah sistem konsep-konsep yang terpadu, menerangkan, dan meramalkan
(prediktif)
b. Isi
Sebuah teori berisi
konsep-konsep, ada yang berfungsi sebagai: (1) asumsi atau konsep-konsep yang menjadi dasar/titik tolak pemikiran
sebuah teori, dan (2) definisi, konotatif
atau denotatif atau konsep-konsep yang menyatakan makna dari istilah-istilah
yang dipergunakan dalam menyusun teori.
2. Sosok
Teori Pendidikan
a. Bentuk
Sebuah teori pendidikan
adalah sebuah sistem konsep-konsep yang terpadu, menerangkan, dan prediktif
tentang peristiwa-peristiwa pendidikan.
b. Isi
Sebuah teori pendidikan
adalah sebuah sistem konsep-konsep tentang peristiwa-peristiwa pendidikan. Ada
yang berperanan sebagai asumsi atau
titik tolak pemikiran pendidikan, dan ada pula yang berperanan sebagai definisi atau keterangan yang menyatakan
makna.
c. Asumsi
Pokok
1) Pendidikan adalah
aktual, artinya pendidikan bermula dari
kondisi-kondisi aktual dari individu yang belajar dan lingkungan belajarnya;
2) Pendidikan adalah
normatif, artinya pendidikan tertuju pada
mencapai hal-hal yang baik atau norna-norma yang baik;dan
3) Pendidikan adalah suatu
proses pencapaian tujuan, artinya pendidikan
berupa serangkaian kegiatan yang bermula dari kondisi-kondisi aktual dari
individu yang belajar, tertuju pada pencapaian individu yang diharapkan
d. Deskripsi
Konsep-Konsep Penjabaran Asumsi Pokok Pendidikan adalah Aktual:
1) Entering
behavior
a) Kesiapan belajar
b) Kemampuan-kemampuan
belajar
c) Gaya belajar
2) Kondisi
Aktual lingkungan Belajar
a) Pendidik
b) Alat-alat bantu
pendidikan
c) Suasana sosio-budaya
e. Deskripsi
Konsep-konsep Penjabaran Asumsi Pokok: Pendidikan adalah Normatif
1) Tujuan
Umum Pendidikan
2) Tujuan-tujuan
Khusus Pendidikan
a) Tujuan
insidental pendidikan
b) Tujuan
instruksional pendidikan
c) Tujuan
kurikuler pendidikan
d) Tujuan
institusionial pendidikan
e) Tujuan
tak lengkap pendidikan
f) Tujauan
sementara pendidikan
f. Deskripsi
konsep-konsep Penjabaran Asumsi Pokok: Pendidikan adalah Suatu Proses
1) Gaya
nomotetis
2) Gaya
ideografis
3) Gaya
transaksional
3. Klasifikasi
Teori Pendidikan
a. Teori
Umum Pendidikan
1) Teori
Umum Pendidikan Preskriptif
2) Teori
Umum Pendidikan Deskriptif
b. Teori
Khusus Pendidikan
1) Teori
Khusus Pendidikan Preskriptif
2) Teori
Khusus Pendidikan Deskriptif
B. SOSOK
TEORI UMUM PENDIDIKAN
1. Filsafat
Pendidikan
a. Hubungan
Filsafat dengan Pendidikan
1) Studi
pendidikan sebagai bagian dari keseluruhan pembahasan filsafat
2) Studi
pendidikanterpisah dari pembahasan filsafat
3) Studi
pendidikan sama dengan studi filsafat
4) Studi
pendidikan mengambil secara selektif nilai-nilai yang diajarkan oleh
b. Pengertian
Filsafat Pendidikan
1) Batasan
2) Klasifikasi
a) Filsafat Praktek Pendidikan
(1) Filsafat
Proses Pendidikan
(2) Filsafat
Sosial Pendidikan
(3) Filsafat
Ilmu Pendidikan
c. Mazhab-mazhab
Filsafat Pendidikan
1) Filsafat
Pendidikan Idealisme
2) Filsafat
Pendidikan Realisme
3) Filsafat
Pendidikan Neo-Thomisme
4) Filsafat
Pendidikan Pragmatisme
5) Filsafat
Pendidikan Eksistensialisme
2. Teori
Khusus Pendidikan Deskripsi
a. Pendidikan
Luar Negeri atau Pendidikan Internasional
b. Pendidikan
Perbandingan atau Pendidikan Koparatif
c. Pendidikan
Historis atau Sejarah Pendidikan.
C. SOSOK
TEORI KHUSUS PENDIDIKAN
1) Teknologi
dan seni pendidikan sebagai teori khusus pendidikan preskriptif
a) Manajemen
pendidikan
Manajemen pendidikan
meliputi :
a. Perencanaan
pendidikan
b. Kepemimpinan
pendidikan
c. Organisasi
pendidikan
d. Supervisi
pendidikan
b) Penyususnan
dan pengembangan kurikulum
Studi tentang cara cara
perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program program pendidikan atau
kurikulum lembaga pendidikan.
c) Model
model mengajar
a. Mlodel
model pemrosesan informasi
b. Model
model pengembangan pribadi
c. Model
model interaksi sosial
d. Model
model pengubahan tingkah laku
d) Didaktik
dan metodik
a. Didaktik
Yaitu studi tentang
prinsip prinsip umum cara mengajar
b. Metodik
Yaitu studi tentang
prinsip prinsip khusus cara cara mengajar sesuatu bidang studi/mata pelajaran.
e) Evalusi
Studi tentang cara
cara, prosedur prosedur dan teknik teknik melakukan pengukuran dan pengembangan
dalam pendidikan.
f) Riset
pendidikan
Studi tentang cara cara,
prosedur prosedur, teknik teknik pengukuran rancangan penelitian, pengumpulan
dan pengolahan data, dan pelaporan hasil penelitian.
2) Ilmu
ilmu pendidikan sebagai teori khusus pendidikan deskriptif
a) Pedagogik
b) Orthopedagogik
c) Psikologi
pendidikan
d) Sosiologi
pendidikan
e) Ilmu
pendidikan kependudukan
f) Andragogi
g) Antropologi
pendidikan
h) Ekonomika
pendidikan
i)
Politika pendidikan
j)
Ilmu administrasi
pendidikan
DAFTAR PUSTAKA
Mudyahardjo, Redja. 2016. PengantarPendidikan.Jakarta : PT
RajaGrafindoPersada.
Komentar
Posting Komentar