TEORI-TEORI PENDIDIKAN


TEORI-TEORI PENDIDIKAN
Yang di binaolehIbuDr.KustiahSunarty, M.Si




DisusunOleh :
ELLY ASTUTI                                           ( 1744040004 )
AYU SARI UTAMI                                    ( 1744041043 )
                    NURANA                                                    ( 1744041037 )
IRMAWATI KHARISMA PAIRUNAN   ( 1744041025 )



PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2018

A.    SOSOK TEORI DAN TEORI PENDIDIKAN
1.      Sosok Teori
a.       Bentuk
Sebuah teori adalah sebuah sistem konsep-konsep yang terpadu, menerangkan, dan meramalkan (prediktif)
b.      Isi
Sebuah teori berisi konsep-konsep, ada yang berfungsi sebagai: (1) asumsi atau konsep-konsep yang menjadi dasar/titik tolak pemikiran sebuah teori, dan (2) definisi, konotatif atau denotatif atau konsep-konsep yang menyatakan makna dari istilah-istilah yang dipergunakan dalam menyusun teori.
2.      Sosok Teori Pendidikan
a.       Bentuk
Sebuah teori pendidikan adalah sebuah sistem konsep-konsep yang terpadu, menerangkan, dan prediktif tentang peristiwa-peristiwa pendidikan.
b.      Isi
Sebuah teori pendidikan adalah sebuah sistem konsep-konsep tentang peristiwa-peristiwa pendidikan. Ada yang berperanan sebagai asumsi atau titik tolak pemikiran pendidikan, dan ada pula yang berperanan sebagai definisi atau keterangan yang menyatakan makna.
c.       Asumsi Pokok
1)      Pendidikan adalah aktual, artinya pendidikan bermula dari kondisi-kondisi aktual dari individu yang belajar dan lingkungan belajarnya;
2)      Pendidikan adalah normatif, artinya pendidikan tertuju pada mencapai hal-hal yang baik atau norna-norma yang baik;dan
3)      Pendidikan adalah suatu proses pencapaian tujuan, artinya pendidikan berupa serangkaian kegiatan yang bermula dari kondisi-kondisi aktual dari individu yang belajar, tertuju pada pencapaian individu yang diharapkan
d.      Deskripsi Konsep-Konsep Penjabaran Asumsi Pokok Pendidikan adalah Aktual:
1)      Entering behavior
a)      Kesiapan belajar
b)      Kemampuan-kemampuan belajar
c)      Gaya belajar
2)      Kondisi Aktual lingkungan Belajar
a)      Pendidik
b)      Alat-alat bantu pendidikan
c)      Suasana sosio-budaya
e.       Deskripsi Konsep-konsep Penjabaran Asumsi Pokok: Pendidikan adalah Normatif
1)      Tujuan Umum Pendidikan
2)      Tujuan-tujuan Khusus Pendidikan
a)      Tujuan insidental pendidikan
b)      Tujuan instruksional pendidikan
c)      Tujuan kurikuler pendidikan
d)     Tujuan institusionial pendidikan
e)      Tujuan tak lengkap pendidikan
f)       Tujauan sementara pendidikan
f.       Deskripsi konsep-konsep Penjabaran Asumsi Pokok: Pendidikan adalah Suatu Proses
1)      Gaya nomotetis
2)      Gaya ideografis
3)      Gaya transaksional
3.      Klasifikasi Teori Pendidikan
a.       Teori Umum Pendidikan
1)      Teori Umum Pendidikan Preskriptif
2)      Teori Umum Pendidikan Deskriptif
b.      Teori Khusus Pendidikan
1)      Teori Khusus Pendidikan Preskriptif
2)      Teori Khusus Pendidikan Deskriptif
B.     SOSOK TEORI UMUM PENDIDIKAN
1.      Filsafat Pendidikan
a.       Hubungan Filsafat dengan Pendidikan
1)      Studi pendidikan sebagai bagian dari keseluruhan pembahasan filsafat
2)      Studi pendidikanterpisah dari pembahasan filsafat
3)      Studi pendidikan sama dengan studi filsafat
4)      Studi pendidikan mengambil secara selektif nilai-nilai yang diajarkan oleh
b.      Pengertian Filsafat Pendidikan
1)      Batasan
2)      Klasifikasi
a)      Filsafat  Praktek Pendidikan
(1)   Filsafat Proses Pendidikan
(2)   Filsafat Sosial Pendidikan
(3)   Filsafat Ilmu Pendidikan
c.       Mazhab-mazhab Filsafat Pendidikan
1)      Filsafat Pendidikan Idealisme
2)      Filsafat Pendidikan Realisme
3)      Filsafat Pendidikan Neo-Thomisme
4)      Filsafat Pendidikan Pragmatisme
5)      Filsafat Pendidikan Eksistensialisme
2.      Teori Khusus Pendidikan Deskripsi
a.       Pendidikan Luar Negeri atau Pendidikan Internasional
b.      Pendidikan Perbandingan atau Pendidikan Koparatif
c.       Pendidikan Historis atau Sejarah Pendidikan.

C.     SOSOK TEORI KHUSUS PENDIDIKAN
1)      Teknologi dan seni pendidikan sebagai teori khusus pendidikan preskriptif
a)      Manajemen pendidikan
Manajemen pendidikan meliputi :
a.       Perencanaan pendidikan
b.      Kepemimpinan pendidikan
c.       Organisasi pendidikan
d.      Supervisi pendidikan
b)      Penyususnan dan pengembangan kurikulum
Studi tentang cara cara perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program program pendidikan atau kurikulum lembaga pendidikan.
c)      Model model mengajar
a.       Mlodel model pemrosesan informasi
b.      Model model pengembangan pribadi
c.       Model model interaksi sosial
d.      Model model pengubahan tingkah laku
d)     Didaktik dan metodik
a.       Didaktik
Yaitu studi tentang prinsip prinsip umum cara mengajar
b.      Metodik
Yaitu studi tentang prinsip prinsip khusus cara cara mengajar sesuatu bidang studi/mata pelajaran.
e)      Evalusi
Studi tentang cara cara, prosedur prosedur dan teknik teknik melakukan pengukuran dan pengembangan dalam pendidikan.
f)       Riset pendidikan
Studi tentang cara cara, prosedur prosedur, teknik teknik pengukuran rancangan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data, dan pelaporan hasil penelitian.

2)      Ilmu ilmu pendidikan sebagai teori khusus pendidikan deskriptif
a)      Pedagogik
b)      Orthopedagogik
c)      Psikologi pendidikan
d)     Sosiologi pendidikan
e)      Ilmu pendidikan kependudukan
f)       Andragogi
g)      Antropologi pendidikan
h)      Ekonomika pendidikan
i)        Politika pendidikan
j)        Ilmu administrasi pendidikan




















DAFTAR PUSTAKA
Mudyahardjo, Redja. 2016. PengantarPendidikan.Jakarta : PT RajaGrafindoPersada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH " THAHARAH"

MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

MAKALAH Perkembangan Moral