STUDY DESKRIPTIF TENTANG PELANGGARAN TATA TERTIB DI SEKOLAH KELAS X.IIS.II SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015



STUDY DESKRIPTIF TENTANG PELANGGARAN TATA TERTIB DI SEKOLAH KELAS X.IIS.II SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015
(penelitian terhadap tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara)

Tugas Akhir Semester
Di Susun Untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester II
Dalam Mata Pelajaran Sosiologi

Oleh
Kelompok 1
WAHDANIA
                                                        A.JUMRAH ILMAWADDAH
NADYA PUTRI NABILA
DANDY NUGRAHA
ABD.RAHMAN



Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Sinjai utara

PERSETUJUAN GURU PEMBIMBING
   JUDUL TUGAS                                  :         Study Deskriptif Tentang  Pelanggaran Tata          Tertib di Sekolah SMA Negeri I Sinjai Utara             Kelas X.IIS.II Semester Genap Tahun                        Ajaran 2014/2015
NAMA ANGGOTA KELOMPOK      : 1. Wahdania
                                                                        : 2. A.Jumrah Ilmahwaddah
                                                                        : 3. Nadya Putri Nabila
                                                                        : 4. Dandy Nugraha
                                                                        : 5. Abd. Rahman
NOMOR INDUK SISWA (NIS)        : 1. 0010601581
                                                                        : 2. 9990418190
                                                                        : 3. 9990416004
                                                                        : 4. 9990418096
                                                                        : 5. 9990418955

Menyetujui
Guru pembimbing

Dra.Parilah
NIP.19670905 199512 2 055
                                     


KATA PENGANTAR
Assalamu‘alaikum wr.wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang Senantiasa telah memberikan kesempatan dan kekuatan serta kelancaran untuk dapat menyelesaikan laporan ini yang berjudul ‘LATAR BELAKANG PELANGGARAN TATA TERTIB` sehinggah dapat selesai di susun pada pada tepat waktunya.
Laporan ini di susun sebagai peryaratan tugas akhir mata pelajaran sosiologi dan untuk mengetahui apa latar belakang terjadinya pelanggaran tata tertib . Kami sadar bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna sebab masih banyak kekurangan.                                                                                                                   Banyak kendala yang telah dilalui saat melakukan penelitian sampai pada penyusunan laporan seperti waktu yang terbatas.Kemudian saat menyusun laporan,kami mengalami kesulitan dalam menyusun laporan dan tutur bahasanya, agar dapat menarik dan ada kesinambungan antara kalimat satu dengan kaimat lain.Namun semua rintangan- rintangan yang telah kami lalui,dapat menambah pengalaman kami dan dapat mengambil hikmah-nya seta pelajaran di dalamnya .
Dengan selesainya laporan ini kami banyak mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dra.Parilah sebagai guru pembimbing kami yang telah mengarahkan kami dalam melakukan penelitian dan penyusunan laporan dan kami juga berterima kasih kepada para narasumber yang telah bersedia untuk memberikan tanggapannya terhadap pertanyaan yang kami ajukan.Serta teman-teman kami yang telah memberi masukan-masukan dan saran terhadap pertanyaan yang akan kami ajukan kepada narasumber.
Akhir kata semoga laporan penelitian ini bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi kami.Untuk itu kritik dan saran yang membangun senantiasa kami harapkan sebagai landasan penyusunan laporan selanjutnya.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………….
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………………
BAB I             PENDAHULUAN.............................................................................                                                                                         A.Latar Belakang Masalah…………………………………………………………                                                                       B.Rumusan Masalah………………………………………………………………….                                                                                                                                                                             C.Tujuan Penelitian……………………………………………………………………                                                                                     D.Manfaat Penelitian………………………………………………………………..
BAB II            TINJAUAN KEPUSTAKAAN………………………………………………………..                                                      A.Variabel penelitian.……………………………………………………………….                                                                               B.Populasi…………………………………………………………………………………                                                                                                                           C.Sampel…………………………………………………………………………………..                                                                                                       D.Teknik Penarikan Sampel……………………………………………………….                                                            E.Instrumen Penelitian Dan Teknik Penelitian……………………………                                         F.Teknik Analisis Data………………………………………………………………..
BAB III           HASIL DAN PEMBAHASAN                                                                    A.Hasil Penelitian……………………………………………………………………….                                                                                 B.Pembahasan Hasil Penelitian………………………………………………….
BAB IV           KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………………..                                                 A.Kesimpulan…………………………………………………………………………….                                                                                        B.Saran……………………………………………………………………………………..
LAMPIRAN…………………………………………………………………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………..


                                   
BAB I                                                         PEDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG MASALAH PENELITIAN
Tata tertib sekolah adalah suatu peraturan yang digunakan pihak sekolah   untuk mengatur siswanya. Tata Tertib sekolah dibuat agar dapat terlaksananya kurikulum  secara  baik yang mampu menunjang peningkatan mutu pendidikan di sekolah.Tata tertib sekolah merupakan bentuk aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh siswa,sebagai salah satu perwujudan kehidupan yang sadar akan hukum dan aturan.Tata tertib sekolah menjadi rambu-rambu  kehidupan bagi siswa ketika berada disekolah.Agar tata tertib yang dibuat sekolah dapat berjalan sesuai fungsinya maka pihak sekolah juga memberikan sanksi terhadap siswa yang melanggar tata tertib sekolah tersebut.sanksi tersebut dapat berupa hukuman,pemberian skorsing dan lain-lain.Dengan adanya pemberian sanksi tersebut diharapkan dapat menimbulkan efek jera sehingga tidak mengulangi pelanggaran untuk kedua kalinya.Pelaksanaan tata tertib dapat dikatakan telah berjalan baik jika hampir semua siswa dapat menaati  dan melaksanakan tata tertib  tersebut dengan baik.Namun jika masih banyak yang melanggar tata tertib yang telah dibuat oleh sekolah maka dapat dikatakan pelaksanaan tata tertib disekolah tersebut kurang berjalan dengan baik.





Pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara selama ini dapat dikatakan kurang berjalan dengan baik.Mengapa demikian ? Alasannya,karena masih banyak siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Utara  yang belum bisa menaatii serta melaksanakan  tata tertib sekolah dengan baik,masih banyak siswa yang melanggar  tata tertib yang telah dibuat oleh sekolah.Misalnya,datang terlambat,dapat dilihat setiap pagi masih ada beberapa siswa yang datang terlambat kesekolah.

Kami juga akan membahas bagaiman cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib dan sanksi apakah yang akan diberikan untuk siswa yang melanggar tata tertib,serta memberikan beberapa saran kepada pihak sekolah tentang upaya pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara.














RUMUSAN MASALAH
1..Apa latar belakang siswa tidak mematuhi Tata Tertib sekolah ?
2.Bagaimana pandangan siswa terhadap Tata Tertib sekolah ?
3.Bagaiman cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar Tata Tertib   sekolah ?
4.Sanksi apakah yang diberikan untuk siswa yang melanggar tata tertib  sekolah?
5.Siapakah yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib sekolah ?

C.TUJUAN PENELITIAN
 Secara khusus bertujuan untuk :
Ø Dengan dilakukannya penelitian tentang pelanggaran tata tertib,maka tujuan penelitian kami yaitu : Ingin mengetahui apa itu Tata Tertib.
Ø Untuk mengetahui latar belakang siswa melanggar Tata Tertib .
Ø Untuk mengetahui pandangan siswa terhadap tata tertib.
Ø Untuk mengetahui bagaimana cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib.
Ø Untuk mengetahui sanksi apa yang diberikan untuk siswa ketika melanggar Tata Tertib.
Ø Untuk menegetahui yang bertanggungjawab atas pelanggaran Tata Tertib.





D.MANFAAT PENELITIAN
Akibat positif yang dapat dimanfaatkan dari hasil penelitian tentang pelanggaran tata tertib yaitu :
Ø  Sebagai referensi yang bagi para siswa tentang tata tertib.
Ø Sebagai bentuk kesadaran siswa tentang tata tertib.
Ø Sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya mematuhi tata tertib

















BAB II                                                                        TINJAUAN KEPUSTAKAAN
Menurut Depdikbud (1989) pengertian Tata tertib Sekolah  adalah aturan atau peraturan yang baik dan merupakan hasil pelaksanaan yang konsisten (Tatap Azas) dari peraturan yang ada.Menurut Mulyono (2000) Tata Tertib adalah kumpulan aturan-aturan yang dibuat secara tertulis dan mengikat anggota masyarak.Aturan-aturan ketertiban dalam keteraturan terhadap tata tertib sekolah meliputi, kewajiban,keharusan dan larangan-larangan.Tata tertib sekolah merupakan patokan atau standar untuk hal-hal tertentu sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 158/c/kep/T.81 tanggal 24 september 1981 (Tim dosen Jurusan Administrasi pendidikan FIT IKIP Malang,1989:145) ketertiban berarti kondisi dinamis yang menimbulkan keserasian,keselarasan dan keseimbangan dalam tata tertib hidup bersama sebagai makhluk Tuhan Yang Masa Esa.Ketertiban sekolah tersebut dituangkan dalam sebuah tata tertib sekolah.Secara umum tata tertib sekolah dapat diartikan sebagai ikatan atau aturan yang harus dipatuhi setiap warga sekolah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar.





BAB III                                                             METODOLOGI PENELITIAN
A.Variabel penelitian
Variabel adalah subyek yang menjadi titik perhatian suatu penelitian.Variabel dari penelitian ini adalah latar belakang Tata Tertib Sekolah SMA Negeri 1 Sinjai Utara .
B.POPULASI
Populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisis yang ciri-cirinya akan diduga atau merupakan sekumpulan unsur atau elemen yang menjadi objek penelitian.Populasi dari penelitian ini yaitu warga SMA Negeri 1 Sinjai Utara .
C.SAMPEL
Sampel adalah sebagian dari keseluruhan objek penelitian.Sampel dari penelitian ini yaitu X.IIS.II .
D.TEKNIK PENARIKAN SAMPEL
Teknik penarikan sampel yang kami gunakan adalah teknik pengambilan sampel (sampling) secara Non-Probabilitas yaitu,pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti atau menurut pertimbangan peneliti.Yang dimaksudkan dalam penelitian kali ini adalah pengambilan sampel berdasarkanpelanggaran tata tertib di kelas X.IIS.II .




E.INSTRUMEN PENELITIAN DAN TEKNIK PENARIKAN SAMPEL
Penelitian Kualitatif yaitu mengutamakan kualitas data. Dalam penelitian ini,menggunakan  kualitatif sebagai instrumen alat penelitian peneliti atau kami sendiri,yang juga mendukung jalannya penelitian seperti pulpen,Buku,Kertas Hvs ,Angket,laptop dan printer.
F.TEKNIK ANALISIS DATA
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.Alasan kami menggunakan kedua analisis tersebut karena pada penelitian ini lebih banyak ditekankan kepada berbagai fakta dan pendapat serta prioritas.









BAB IV                                                                                HASIL DAN PEMBAHASAN
A.HASIL PENELITIAN
Tata Tertib sekolah merupakan bentuk aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh siswa,sebagai salah satu perwujudan kehidupan yang sadar akan aturan .
Dengan topik kenakalan remaja dan Judul study deskriptif tentang pelanggaran tata tertib disekolah Sma Negeri 1 Sinjai Utara kelas X.IIS.II semester genap tahun ajaran 2014/2015 , maka timbulah beberapa pertanyaan , yaitu :
1.Apa latar belakang siswa tidak mematuhi Tata Tertib sekolah ?
2.Bagaimana pandangan siswa terhadap Tata Tertib sekolah ?
3.Bagaiman cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar Tata Tertib sekolah ?
4.Sanksi apakah yang diberikan untuk siswa yang melanggar tata tertib sekolah ?
5.Siapakah yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib sekolah ?




                                     
                                      JAWABAN RESPONDEN
1.Menurut Jumaldi ( X.IIS.II )
Latar belakang siswa melanggar tata tertib yaitu disebabkan karena mereka merasa ingin jago atau keren/gaul.Sebagai siswa pandangan terhadap tata tertib yang diberlakukan di SMA Negeri 1 Sinjai Utara bahwa,tidak semua orang dapat mematuhinya ,buktinya sampai sekarang masih banyak siswa/siswi yang melanggar tata tertib,contohnya tidak memakai dasi dan siswa yang seperti itu akan di berikan sanksi yang sesuai dengan pelanggaran yg dibuat,serta bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib yang telah dilanggar.
2.Menurut Nursafitri (X.IIS.II)
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib yaitu, karena kurang disiplin.Sebagai siswa pandangan terhadap tata tertib sekolah yaitu, belum dipatuhi oleh semua siswa,masih ada siswa yang melanggar,dimana diketahui bahwa tata tertib sekolah merupakan peraturan yang dibuat oleh sekolah yang ditujukan untuk semua siswa dan siswa harus mematuhinya,tetapi masih ada yang melanggar,jadi tata tertib yang ada di SMA Negeri 1 Sinjai Utara belum berjalan dengan baik.Cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib yaitu, dengan menghukum atau memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tersebut yang sesuai dengan apa yang dilanggarnya.Misalnya, memakai kos hitam pada hari senin,sanksi yang diberikan yaitu mengambil kos hitam tersebut lalu dibakar,kemudian siswa tersebut diberitahu agar tidak memakai kos hitam kecuali hari jumat, sabtu dan yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai utara yaitu, BK/BP dan siswa yang bersangkutan (melanggar tata tertib)



3.Menurut Misriana (X.IIS.II)
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib sekolah adalah kurangnya kesadaran siswa terhadap tata tertib yang diberlakukan disekolah sehingga siwa tersebut tidak mematuhinya.Pandangan kami terhadap tata tertib yang berllaku di SMA Negeri 1 Sinjai Utara sangatlah ketat sehingga kita sebagai siswa juga tertantang untuk dapat mematuhinya,seandainya jika Mematuhi tata tertib itu kita pasti menjadi siswa yang lebih baik.Cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib yaitu, dengan cara memberikan teguran atau perhatian pada siswa yang melanggar tata tertib.Apabila siswa yang sudah ditegur ini masih saja melanggar tata tertib,maka pihak sekolah akan memproses siswa tersebut,dan yang bertanggung jawab atas pelanggaran tata tertib  yaitu siswa itu sendiri dan BK hanyalah memprosesnya agar tidak mengulanginya kembali.

4.Menurut Rahmawati (X.IIS.II)
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib sekolah karena, kurangnya kesadaran terhadap tata tertib yang berlaku disekolah  sehingga, siswa tidak mematuhinya.Sebagai siswa pandangan terhadap pelaksanaan tata tertib sangatlah ketat ,dengan itu pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib dengan cara memberikan teguran kepada siswa dan sanksi yang diberikan  sesuai dengan pelanggaran yang telah dibuat . Akan tetapi,jika pelanggaran yang dibuat sudah berulang kali,maka pihak sekolah akan memprosesnya dan yang bertanggung jawab atas pelanggaran tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara yaitu, Bapak/Ibu guru yang dipertugaskan untuk mengawasi siswa yang melanggar dan kepada siswa itu sendiri untuk memulihkan kesadarannya supaya tidak mengulangi perbuatannya yang melanggar tata tertib.



5.Menurut Rahmaniar (X.IIS.II)
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib yaitu, karena peraturan yang telah dibuat oleh kepala sekolah sangatlah ketat dan sangat Tegas,maka dari itu siswa sering melanggar tata tertib disekolah.Pandangan terhadap pelaksannan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara sangat ketat dan tidak semua siswa dapat mematuhinya . Cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar yaitu, dengan cara memanggil siswa yang melanggar dan diberi peringatan agar tidak mengulanginya kembali dan sanksi yang diberikan yaitu sesuai dengan pelanggaran yang dibuat.Yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib yaitu pengurus kesiswaan yang akan bertanggungjawab serta siswa yang bersangkutan.
6.Menurut Nuraeni Fajar ( X.IIS.II )
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib yaitu :
·        Pergaulan,seorang siswa akan melakukan pelanggaran jika ada temannya yang  menghasut.
·        Keluarga,keluarga yang berantakan akan mempengaruhi pola pikir anak,anak akan cenderung tidak mendengar perkataan orang lain,maka jika berada di mana saja terkhusus di lingkungan sekolah ia akan mengabaikan peraturan, yang menyebabkan seringkali melakukan pelanggaran-pelanggaran dan tidak mematuhi tata tertib yang berlaku.
Pandangan saya sebagai siswa SMA Negeri 1 Sinjai Utara, tentang pelaksanaan tata tertib yaitu, sudah bagus dan tegas karena, tata tertib yang tegas akan menciptakan siswa yang disiplin.cara pihak sekolah mengatasi pelanggaran tata tertib yang telah dilanggar oleh siswa  dengan menghukum siswa agar siswa tersebut tidak lagi mengulanginya dan selalu mengingatkan bahwa tata tertib dibentuk untuk kepentingan bersama ,tidak ada yang dirugikan didalamnya.


7.Menurut Ita Dahlia ( X.IIS.II )
Latar  belakang siswa tidak mematuhi tata tertib disebabkan karena pergaulan.Misalnya dengan melihat gaya para teman-temannya yang melanggar aturan seperti gaya berpakaian yang tidak rapi misalnya,tidak memakai dasi,maka siswa tersebut akan  mengikuti gaya temannya.Pandangan siswa terhadap tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai utara sangat disiplin,akan tetapi masih ada saja siswa yang tidak mematuhi tata tertib tersebut.cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib yaitu, memberikan hukuman sesuai dengan bentuk pelanggaran dan apabila siswa tersebut tidak jera dengan hukuman maka pihak BK memanggil siswa dan memberikan surat panggilan kepada siswa agar disampaikan kepada orang tua dengan ini yang bertanggungjawab atas pelanggaran yaitu siswa itu sendiri yang melanggar tata tertib

8.Menurut Kurniati (X.IIS.II )
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib sekolah yang diberlakukan disebabkan karena, mereka ingin sok jagoan atau mungkin mereka tidak nyaman dengan tata tertib yang berlaku.Sebagai siswa pandangan terhadap pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara sudah bagus.Cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib yaitu memberikan hukuman yang sesuai dengan apa yang  dilanggarnya,contohnya : ketika ada salah satu siswa atau beberapa siswa yang didapat merokok dilingkungan sekolah,maka sanksinya yaitu, rokok tersebut harus dihabiskan tanpa memegangnya dan yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib adalah siswa yang melanggar serta yang memberi sanksi yaitu Guru BP/BK



9.Menurut A.Tenri Uleng ( X.IIS.II )
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib yaitu, karena mungkin dari faktor siswa itu itu nakal,selalu membatah dan ikut-ikutan dengan temannya.Pandangan terhadap tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara yaitu, sebagian besar siswa ada yang sudah sadar akan adanya tata tertib dan menaatinya,dan sebagian besar pula masih ada yang melanggar,jadi menurut saya cukup baik dan tata tertib yang berlaku tidak menyusahkan . cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib dengan cara menegurnya,jika siswa tersebut masih melakukannya padahal sudah diperingati bahwa tidak akan lagi melanggar ,maka harus dengan memberikan sanksi berupa hukuman , jika hukuman itu tidak berlaku atau diabaikan,mungkin dengan pemberian surat untuk orang tua siswa agar dengan cara ini siswa tidak melakukan pelanggaran lagi ,jadi intinya sanksi yang diberikan harus sesuai dengan pelanggaran,serta yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib yaitu siswa itu sendiri.
10.Menurut Ibu Ayu Andriani ( Ibu bimbingan konseling kelas XI )
Latar belakang siswa tidak mematuhi tata tertib yaitu, karena kurangnya kesadaran siswa akan kedidiplinan tentang tata tertib yang berlaku dan minimnya partisipasi siswa/siswi akan penegakkan  tata tertib,padahal yang bertugas tentang pelaksanaan tata tertib telah menegaskan tentang tata tertib yang berlaku,tapi siswa /siswi masih ada yang melanggar tata tertib  sekolah bahkan hanya mengabaikan adanya tata tertib disekolah.
Cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar tata tertib di SMA Negeri 1 sinjai Utara yaitu, dengan pihak sekolah yang berkewajiban tentang pelaksanaan tata tertib memberikan arahan atau masukan kepada siswa yang telah melanggar agar tidak lagi melanggar tata tertib sekolah.





Sanksi yang diberikan untuk siswa yang melanggar tata tertib yaitu,harus sesuai dengan yang dilanggarnya. Misalnya, siswa tersebut melanggar peraturan tata tertib seperti dengan panjat pagar dan berkelahi.Maka siswa tersebut akan diberikan hukuman berupa skorsing minimal 3 hari dan maksimal 1 minggu ,tapi itu semua tidak langsung diberikan hukuman seperti itu melainkan ketika melanggar pertama kali masih diberikan peringatan atau teguran untuk tidak melanggarnya lagi,tetapi jika siswa tersebut masih saja melanggar, maka pihak sekolah yang bertanggungjawab tentang tata tertib  itu berhak memberikan hukuman yaitu, skorsing dan pihak sekolah wajib untuk memberikan surat panggilan orang tua kepada siswa untuk diberikan kepada orang tua , dan jika pelanggaran yang dibuat berupa bolos pada saat jam pelajaran berlangsung maka yang memberikan sanksi yaitu Ibu/bapak yang mengajar pada waktu ia bolos.
Yang bertanggungjawab atas pelanggar tata tertib di SMA Negeri Sinjai Utara  yaitu, bagian kesiswaan itu sendiri lalu dibantu oleh bagian BK {Bimbingan konseling) untuk mengarahkan ataupun memberikan sanksi yang sesuai dengan pelanggaran yang telah  dibuat.










B.PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
Menurut kamus besar bahasa Indonesia tata tertib adalah disiplin,peraturan-peraturan  harus dianut ( dipatuhi )
Dari hasil penelitian,kita  dapat mengetahui bahwa tidak semua siswa mematuhi tata tertib yang berlaku di SMA Negeri 1 Sinjai Utara serta kita ketahui bahwa setiap siswa mempunyai tingkat kedisiplinan dan pandangan tata tertib yang berbeda-beda pula,perlu usaha yang lebih serius dari pihak sekolah yang berkewajiban tentang pelaksanaan tata tertib dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa terhadap kedisiplinan,  agar tidak lagi ada yang melanggar tata tertib yang berlaku di SMA Negeri 1 Sinjai Utara .
Bukan hanya dengan peraturan  yang terkesan mengikat siswa,kedisiplinan bisa tumbuh bila siswa sering diberikan arahan tentang tata tertib dan mengawasi jalannya tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara , beberapa siswa terbukti menyatakan bahwa peraturan yang berlaku tegas dan ketak,walaupun sebagian besar beranggapan bahwa peraturan yang dibuat sudah bagus hanya saja siswa itu sendiri yang hanya kurang kesadaran atas kedisiplinan tentang tata tertib sekolah kurangnya partisipasi siswa dalam menegakkan tata tertib.
Itu berarti faktor utama dalam pelanggaran tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara adalah kurangnya kesadaran dari siswa/siswi akan tata tertib (kedisiplinan)  . Tinggal bagaimana pihak sekolah Bagian BK (Bimbingan Konseling) menangani dan senantiasa memberikan arahan dan nasehat-nasehat .



BAB V                                                                     KESIMPULAN DAN SARAN
A.KESIMPULAN
Menurut hasil penelitian kami bahwa pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara belum berjalan dengan baik . Hal ini dikarenakan masih ada sebagian besar yang tidak sadar atau tidak menaatai peraturan yang berlaku . Beberapa tata tertib yang dilanggar oleh siswa contohnya,panjat pagar,berkelahi,bolos,telambat dan lain-lain.Tata tertib biasanya dilanggar disebabkan karena pergaulan siswa dan kurangnyan kesadaran tentang kedisiplinan.
Penegakkan tata tertib disekolah tidak hanya berkaitan dengan masalah seputar kehadiran atau tidak,telambat atau tidak,hal itu lebih mengacu pada pembentukan sebuah lingkungan yang didalamnya ada aturan bersama yang dihormati,dan siapapun yang melanggar mesti berani mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Setiap pelanggaran atas kepentingan umum di dalam sekolah mesti diganjar dengan hukuman yang mendidik sehingga siswa mampu memahami bahwa nilai tata tertib itu bukanlah bernilai tata tertib,melainkan demi Stabilitas dan kedamaian bersama.





Kesimpulan dari 10 jawaban dari reponden kami yaitu,menyatakan bahwa siswa tidak mematuhi tata tertib disebabkan karena pergaulan seorang siswa ,kurangnya kesadaran tentang tata tertib dan minimnya partisipasi penegakkan tata tertib.Pandangan siswa SMA Negeri 1 Sinjai Utara terhadap tata tertib yang berlaku yaitu,sebagian siswa/siswi yang belum mematuhi tata tertib karena masid ada saja yang melanggar tata tertib tersebut,dimana kita tahu bahwa tata tertib yang diberlakukan ditujujan untuk semua siswa dan harus mematuhinya,tetapi kenyataannya  masih banyak yang melanggar.Jadi tata tertib yang ada di Sma Negeri 1 sinjai utara belum berjalan denan baik
B.SARAN
Pada subbab ini kami ingin memberikan beberapa saran kepada pihak sekolah, agar pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara dapat berjalan dengan lebih baik lagi dan tentunya dengan saran ini semoga bermanfaat,Berikut saran kami :
Ø Pemberian penyuluhan kepada para siswa                                                   Pemberian penyuluhan dengan topic menaati tata tertib sekolah.Tujuannya agar siswa SMA Negeri 1 Sinjai Utara dapat mengetahui mengapa ia harus melaksanakan tata tertib tersebut.
Ø Pemberian sanksi yang tegas                                                                                     Menurut kami siswa akan cenderung tetap melanggar tata tertib apabila Pihak sekolah hanya member sanksi yang cukup ringan untuk pelanggaran yang dianggap berat.
Ø Lebih sering mengawasi jalannya tata tertib                                                        Pihak sekolah cukup jarang melakukan pengawasan secara langsung terhadap siswanya . Sebaiknya pengawasan dilakukan sesering mungkin , agar siswanya perlahan dapat menaati peraturan.   
  


Ø Adanya rapat antara para guru dan perwakilan siswa                                Rapat tersebut membahas tentang pelaksanaan tata tertib di SMA Negeri 1 Sinjai Utara . Tujuannya agar para guru dapat mengetahui bagaimana perkembangan pelaksanaan tata tertib yang sebenarnya dan siswa juga dapat menyalurkan aspirasinya secara langsung.
Ø Pendekatan kepada siswa yang sering melanggar tata tertib                 Pendekatan ini bertujuan supaya siswa yang sering melanggar dapat mengerti kesalahannya dan para guru juga dapat mengetahahui alas an mereka melanggar tata tertib.














LAMPIRAN
 Daftar pertanyaan :
1..Apa latar belakang siswa tidak mematuhi Tata Tertib sekolah ?
2.Bagaimana pandangan siswa terhadap Tata Tertib sekolah ?
3.Bagaiman cara pihak sekolah mengatasi siswa yang melanggar Tata Tertib   sekolah ?
4.Sanksi apakah yang diberikan untuk siswa yang melanggar tata tertib  sekolah?
5.Siapakah yang bertanggungjawab atas pelanggaran tata tertib sekolah ?
Daftar Nama Responden :
·        Jumaldi ( X.IIS.II )
·        Nursafitri ( X.IIS.II )
·        Misriana ( X.IIS.II )
·        Rahmawati ( X.IIS.II )
·        Rahmaniar ( X.IIS.II )
·        Nuraeni Fajar ( X.IIS.II )
·        Ita Dahlia  ( X.IIS.II )
·        Kurniati ( X.IIS.II )
·        A.Tenri Uleng ( X.IIS.II )
·        Ayu Andriani.Bagian konseling




DAFTAR PUSTAKA
Azwar. Saifuddin, 2005. Sikap manusia . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jauhariyah,Uyun . 2008 ` Kajian Terhadap TataTertib Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tarongong kidul` http://Uyun.blogspot.com.
Sudrajat, akhmad . 2008 . Penangan Siswa Bermasalah http://akhmadsudrajat.wordpress.com
·        Ififaasac.blogspot.in/2013/11makalah-bahasa-indonesia-upaya.htm?m=1
·        Yayasankurniaalam.blogspot.in/2012/makalah-tata-tertib-sekolah.html?m=1
·        Yogiperdanaand.blogspot.in/2012/penelitianrespon-siswa-terhadap-tata.htm/m=1
·        Likakinanti.blogspot.in/2013/12/tugas-sekolah-karya-ilmiah.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERMASALAHAN POKOK PENDIDIKAN DAN PENANGGULANGANNYA

MAKALAH " THAHARAH"

MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA